Resensi Novel Remaja : Ada Duka di Wibeng


bd650767e2408c1fb35260d13846890f44cc7c2c4f4542691751ca91ccb83e8de467a6aaeb9aa7fe39157ff99e7b841a.jpgBismillahirrohmanirrohiim,
assalamu'alaikum sobat, ini adalah postingan pertama saya. Saya akan mencoba memposting mengenai resensi novel, dimana materi ini dibahas di kelas 8 SMP/MTs. Mungkin bagi sobat yang bingung untuk membuat resensi, postingan ini bisa memberikan sedikit gambaran untuk membuat resensi novel. Baiklah, langsung saja dilihat contoh resensinya..


Judul novel : Ada Duka Di Wibeng
Penulis        : Jazimah Al-Muhyi
Penerbit     : ERANOVFIS
Tahun         : 2009
Tebal isi     : 15 bab, 180 halaman

            Akta adalah seorang siswa SMU Widya Bangsa yang memiliki sifat ceria, selalu bersemangat, pantang menyerah, ambisius, dan sulit kompromi dengan hal-hal yang menurutnya berlawanan dengan ajaran agama.
            Belakangan ini, kabar burung tengah bertiup kencang di Wibeng (Widya Bangsa). Beberapa persoalan pun muncul silih berganti. Dimulai dengan kabar meninggalnya Bik Sum, kisah cinta murid dengan gurunya, persoalan serius mengenai jilbab kodok, pertemuan dengan teman lama yang akhirnya justru membuat Akta bad mood selama berhari-hari, heboh Ka El Pe yang menggemparkan seluruh isi sekolah, hingga membahas peliknya masalah sex bebas atau sex pra nikah yang marak terjadi di kalangan remaja. Tak hanya itu, telah tersiar pula berita heboh bahwa tiga pentolan Geng Kelib bakal dikeluarkan tanpa syarat dari sekolah. Mungkinkah kali ini ketiga pentolan Kelib itu kena batunya akibat perbuatan brutal mereka selama ini? Dan kanapa justru Wibeng berduka karena terbebas dari the trouble makers?
            Lepas dari masalah itu, tiba-tiba kabar duka kembali menyelimuti Wibeng. Orang tua Zeus dikabarkan akan bercerai. Diana mati-matian membujuk Akta agar ia mau menghibur Zeus. Zeus diam seribu bahasa, beberapa kali ia terus menghindari Akta dan terus saja menyalahkan diri sendiri. Akta tak sampai hati melihat Zeus jatuh dalam keterpurukan akibat keegoisan kedua orang tua Zeus. Namun usaha Akta selama ini tak sedikit pun digubris oleh Zeus, dan justru makin menguji kesabaran Akta. Akta mulai putus asa. Namun akhirnya sebuah titik terang mulai tampak. Kebetulan pada saat itu akan diadakan lomba grafiti di kampus Mbak Meli. Tak disangka perlombaan itu bisa membuat Zeus sedikit mulai bersemangat lagi, karena kemenangan telah berada di genggamannya. Akhirnya Zeus pun mulai bicara, ternyata kabar perceraian orang tua Zeus itu memang benar, tapi permohonan perceraian mama Zeus sampai sekarang belum dikabulkan pengadilan. Kini duka Zeus tak separah kemarin-kemarin. Ia mulai mencoba menerima kenyataan yang harus dihadapinya, dan satu per satu masalah di Widya Bangsa telah berhasil terselesaikan.
            Novel ini mempunyai 15 bab,  yang diawali dengan judul empati untuk Bik Sum, dan diakhiri judul tataplah dunia, Ze!. Bahasa yang komunikatif yang disertai dengan ilustrasi membuat suasana lebih hidup. Novel ini cocok dibaca pelajar untuk memberi pelajaran tentang bagaimana seharusnya sikap kita dalam menghadapi & menyelesaikan berbagai masalah. Selain itu, novel ini sarat makna dan disaat kita membacanya seakan-akan kita seperti diingatkan agar selalu ingat & dekat dengan Sang Maha Pencipta. Sayangnya, bentuk novel ini relatif kecil & terkadang siapa yang sedang menyampaikan sebuah dialog itu tidak jelas. Sehingga apabila kita tidak benar-benar memperhatikan, kita tidak akan mengerti apa dan siapa yang sedang dibahas dalam novel tersebut.

Terima kasih untuk sobat yang telah membaca artikel ini, kritik dan saran juga akan selalu saya tunggu dari sobat semua, oleh karena itu, diperkenankan untuk meninggalkan komentar agar saya bisa belajar dan belajar lebih baik dalam menulis artikel yang lain. Wassalamu'alaikum,.. :)

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

1 komentar: